
Informasi
18 Februari 2025
Apa Itu E-Logistik dan Cara Penerapannya dalam E-commerce
Di era digital saat ini, belanja online (e-commerce) terus mengalami peningkatan, tak terkecuali di Indonesia. Pertumbuhan pesat ini sangat erat kaitannya dengan sektor logistik yang bertugas mengatur pergerakan barang dari produsen ke konsumen.
Dalam dunia e-commerce, proses logistik yang terlibat sering disebut dengan istilah e-logistik. Yaitu pemanfaatan teknologi digital untuk mengelola alur pengiriman barang agar lebih efektif dan efisien dari sistem logistik konvensional.
Dalam e-logistik, proses lebih sederhana karena tidak membutuhkan gudang besar dan sistem distribusi yang kompleks. Sehingga membuat platform e-commerce bisa lebih fokus pada pemasaran, pencatatan inventaris, serta berkolaborasi dengan perusahaan logistik untuk memastikan pengiriman barang tepat waktu.
Perkembangan E-Logistik di Indonesia
Di Indonesia, e-logistik memang belum begitu populer karena sebagian besar proses logistik masih dijalankan secara manual. Padahal, berdasarkan laporan dari Merchant Machine, lembaga riset asal Inggris, menemukan fakta kalau Indonesia tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia.
Misalnya di tahun 2018, pertumbuhan e-commerce Indonesia mencapai 78%. Jauh melampaui Meksiko (59%) dan Filipina (51%). Data ini jelas menjadi pijakan untuk menunjukan betapa besarnya potensi e-logistik di Indonesia.
Namun, pertumbuhan e-commerce di Indonesia tentu juga tidak bisa lepas dari sejumlah tantangan. Terutama soal infrastruktur yang belum memadai secara rata, stabilitas ekonomi yang belum konsisten, serta kendala geografis untuk pengiriman barang ke daerah terpencil.
E-Logistik Untuk Memudahkan Konsumen
E-logistik memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari sistem konvensional. Beberapa karakteristik tersebut antara lain:
Tanpa Batasan Jarak
Dalam e-logistik, jarak bukan lagi kendala. Penjual dapat menjangkau pembeli di seluruh wilayah, bahkan hingga ke pelosok, tanpa harus memiliki toko fisik. Teknologi internet memungkinkan siapa saja untuk menjual produknya kapan dan dari mana, dan kepada siapa saja.
Platform e-commerce yang tersedia selama 24 jam juga memudahkan transaksi dan membuat bisnis kecil mampu bersaing dengan perusahaan besar.
Transaksi Anonim
Dalam e-logistik, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi tanpa harus bertemu secara langsung. Anonimitas ini memudahkan transaksi online dengan dukungan sistem pembayaran digital yang aman.
Pembeli bisa melakukan pembayaran tanpa harus mengungkapkan identitas secara langsung, dan memberi rasa nyaman dan aman bagi konsumen.
Produk Tak Berwujud
Selain produk fisik, banyak bisnis e-logistik juga menjual produk digital seperti perangkat lunak, data, atau konten digital lainnya yang dapat dikirimkan secara instan.
Hal ini tentu memberikan gambaran lebih lanjut dalam layanan e-logistik dan membuka peluang baru bagi berbagai jenis usaha di ranah digital.
Manfaat dan Tantangan E-Logistik
Salah satu manfaat e-logistik adalah mampu meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pengiriman yang cepat dan biaya yang lebih rendah.
Sistem ini juga membantu dalam pengelolaan inventaris secara online dan memperkuat hubungan dengan penyedia logistik, sehingga bisa memperluas jangkauan pasar.
Namun di Indonesia, kondisi infrastruktur masih jadi tantangan utama. Tidak hanya infrastruktur jalan, tapi juga infrastruktur digital seperti jaringan internet dan perangkat komputer yang masih terbatas di beberapa daerah.
Biaya internet yang relatif tinggi juga menjadi penghalang bagi banyak orang untuk menikmati layanan e-logistik secara masif dan optimal.
Masa Depan E-Logistik di Indonesia
Seiring perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang semakin luas, e-logistik di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Tentu saja, butuh dukungan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur digital dan fisik, agar masalah konektivitas dan keterjangkauan diharapkan dapat teratasi.
Di masa depan, e-logistik bisa berperan penting dalam mendukung pertumbuhan e-commerce dan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional. Bukan tidak mungkin, sistem ini menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan bisnis online tanah air.
Tentang Layanan SELOG
SELOG merupakan salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya (SERA), yang juga bagian dari Grup Astra dan telah berpengalaman 20 tahun di industri logitik.
SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan akan jasa logistik end to end, mulai dari Trucking, Shipping, Freight forwarding, Warehousing, serta Project Cargo.
Setiap layanan SELOG juga didukung penggunaan teknologi digital Astra Fleet Management Solution (AstraFMS) yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis.
Dengan teknologi AstraFMS, SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan berbasis teknologi informasi.
Informasi lebih lanjut tentang layanan SELOG, silahkan mengunjungi website www.selog.astra.co.id atau bisa juga menghubungi kami di nomor (021) 26605333.

Berita
12 Februari 2025
Raih Sertifikasi Halal, SELOG Perkuat Komitmen Distribusi Produk Halal di Indonesia

Berita
3 Februari 2025
SELOG Dapat 3 Penghargaan Inovasi dari TAM

Berita
2 Desember 2024
SELOG Berhasil Mendapatkan Sertifikasi SMK PAU
Pastikan update informasi SELOG dan logistik terkini
Silakan masukkan email untuk mendapatkan berita atau artikel terbaru dari kami