
Informasi
6 Februari 2025
Hal yang Sering Jadi Kendala Pengiriman Barang Retail dan Solusinya
Pengiriman atau distribusi barang merupakan bagian penting dari bisnis retail. Apalagi, industri retail merupakan salah satu penopang ekonomi nasional.
Pada industri retail, ketersediaan barang secara tepat waktu merupakan salah satu faktor penting dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Artinya proses distribusi harus efisien dan efektif.
Hanya saja masalah pengiriman barang masih sering terjadi. Misalnya penulisan alamat yang salah atau kondisi barang yang rusak bisa membuat konsumen komplain dan merugikan pebisnis.
Untuk mencegah kerugian tersebut saat pengiriman barang, kenali dulu beberapa masalah yang umum terjadi sehingga tahu antisipasi dan solusi yang harus dilakukan seperti apa.
4 Masalah Umum Pengiriman Barang Retail
Salah Alamat
Permasalahan yang paling sering terjadi adalah salah alamat. Bisa terjadi karena konsumen salah menuliskan alamatnya (misal nomor rumah atau RT/RW-nya) atau karena kurir salah membaca alamat sehingga dikirimkan ke penerima yang salah.
Hal itu dapat membuat konsumen dan pengirim bingung karena saat ditelusuri keterangan barang sudah sampai namun sebenarnya barang belum diterima. Untuk menghindarinya, pastikan konsumen dan pengirim menulis alamat yang sesuai.
Barang Hilang
Selain salah alamat, masalah barang hilang juga seringkali meresahkan. Kemungkinan barang yang hilang tersebut kembali ke konsumen sangat kecil.
Barang hilang biasanya terjadi karena faktor penulisan alamat yang tidak lengkap atau kelalaian jasa pengiriman. Atau bisa juga karena dilakukan oknum kurir yang mengantar paket atau oknum yang mengaku sebagai kerabat penerima barang.
Untuk menghindarinya, jangan memberikan barang ke sembarang orang. Konsumen dan pengirim juga wajib memastikan data penerima dicantumkan dengan lengkap. Jika barang kiriman tetap hilang, segera hubungi pihak logistik untuk membantu proses pelacakan.
Barang Rusak
Barang kiriman juga bisa jadi rusak karena pengemasan yang kurang tepat. Hal itu juga bisa terjadi karena tidak ada informasi jenis barang kepada jasa pengiriman barang, serta kondisi lapangan yang tidak menentu saat proses pengiriman.
Untuk menghindari barang rusak saat pengiriman, ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti:
- Memastikan pengemasan barang dengan baik dan benar
- Memberitahu jasa pengiriman kalau barang yang dikirim merupakan barang khusus seperti pecah belah, elektronik, mudah basi, dan lainnya
- Pihak jasa pengiriman memastikan rute pengiriman yang baik agar barang terhindar dari guncangan. Atau bisa juga menawarkan asuransi pengiriman
Tidak Tepat Waktu
Semua orang pasti ingin barang kirimannya cepat sampai dan tepat waktu. Namun, keterlambatan masih sering menjadi permasalahan karena berbagai faktor. Baik karena faktor pengirim maupun faktor jasa pengiriman.
Untuk menghindarinya, pengguna jasa atau produsen dapat menginformasikan lokasi pengiriman barang sehingga konsumen dapat memprediksi jangka waktu proses pengiriman.
Pengirim juga dapat memberikan layanan tracking sehingga komunikasi tentang lokasi barang dapat diketahui oleh pengirim maupun penerima barang. Saat terjadi masalah, dapat diketahui langsung oleh pengirim dan penerima.
Pilih Jasa Pengiriman Berkualitas
Dengan sederet masalah yang ada, tentu perlu langkah tepat agar proses distribusi barang retail dapat berjalan sesuai rencana. Salah satunya dengan memilih jasa pengiriman berkualitas dan profesional.
Sebagai rujukan, kamu bisa gunakan beragam layanan SELOG, penyedia jasa logistik yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan bagian dari Grup Astra.
SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end, mulai dari Trucking, Shipping, Warehousing, Freight Forwarding, hingga Project Cargo.
SELOG punya berbagai jenis truk dengan jaminan kualitas dan keamanan. Serta didukung penggunaan teknologi digital Astra Fleet Management Solution (AstraFMS) yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis.
Dengan teknologi AstraFMS, SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan berbasis teknologi informasi.
Informasi lebih lanjut tentang layanan SELOG, silahkan mengunjungi website www.selog.astra.co.id atau bisa juga menghubungi kami di nomor (021) 26605333.

Informasi
22 April 2025
Perbedaan Warehouse dan Logistik yang Jarang Disadari

Informasi
17 April 2025
Dampak Pembangunan Infrastruktur terhadap Sektor Logistik di Indonesia

Informasi
16 April 2025
Mengenal Contract Logistic: Definisi dan Keunggulannya buat Bisnis

Informasi
14 April 2025
Melihat Progress Tol Probowangi yang Bisa Bikin Tarif Logistik Turun 20%

Informasi
11 April 2025
Mengenal Docking Kapal dan Metodenya

Informasi
9 April 2025
10 Jenis Alat Berat Beserta Fungsinya

Informasi
9 April 2025
Deretan Truk yang Cocok Buat Angkut Alat Berat

Informasi
8 April 2025
Tantangan Logistik Alat Berat dan Solusinya

Informasi
18 Maret 2025
Hal yang Perlu Dipahami saat Menggunakan Shipping Agency

Informasi
17 Maret 2025
Memahami Istilah LCL dalam Industri Logistik
Pastikan update informasi SELOG dan logistik terkini
Silakan masukkan email untuk mendapatkan berita atau artikel terbaru dari kami